daging kambing kolesterol

Daging Kambing Kolesterol Rendah, Benarkah?

Mitos bahwa daging kambing tidak baik untuk kesehatan banyak digaungkan oleh banyak orang. Hal ini pasti membuat khawatir bagi Anda para penyuka masakan dari kambing untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

Kekhawatiran banyak orang tentang kandungan lemak dan kolesterol pada daging kambing, beberapa tahun terakhir ini dibantah oleh para peneliti. Mitos tersebut hanyalah omong kosong tanpa dilandasi dengan ilmu yang benar.

Anda tahu? Daging kambing, justru memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi ataupun domba, jika dibandingkan dalam kadar dan bentuk yang sama. Menurut sumber A Procedings Nutrition Society of Australia, didapatkan data bahwa kandungan lemak rata-rata pada kambing adalah 20%, sedangkan pada sapi adalah 25 %. Angka lemak pada domba justru paling tinggi, yaitu 30%.

Pemilihan kambing muda, akan lebih baik dibandingkan kambing dewasa, dimana kadar lemaknya lebih rendah dibandingkan kambing dewasa. Namun daging kambing muda inilah yang sangat nikmat jika diolah menjadi sebuah masakan terutama jika Anda buat menjadi suguhan sate. Sungguh maknyus sekali.

Dan satu lagi yang akan membuat Anda para pecinta kambing gembira. Tidak hanya data lemak yang termuat dalam prosiding tersebut, di dalamnya juga membahas tentang kadar kolesterol dari daging kambing yang hanya 5-39mg/100 gr, dan sapi adalah sebesar 42-78 mg/100 gr. Ini jelas membuktikan bahwa, pada komposisi, berat, bentuk sampel yang sama, ternyata daging kambing rendah kolesterol dibanding daging sapi.

Tidak hanya dinyatakan daging kambing rendah kolesterol, daging kambing juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, terutama pada daging kambing muda yang berusia di bawah satu tahun. Kandungan di dalamnya meliputi zat besi, seng, protein, dan vitamin B12.

Dengan kandungan energi yang tinggi yang tersimpan dalam daging kambing menjadikan daging kambing berkhasiat untuk meningkatkan stamina. Telah banyak pengalaman empiris, seseorang yang baru saja mengkonsumsi daging kambing muncul energi baru dan merasa bergairah. Telah banyak yang membuktikan hal ini.

Benarkah daging kambing rendah kolesterol ? Ya… pertanyaan itu kini terjawab sudah. Bagi Anda pencinta olahan daging kambing tentu hal ini akan menyingkirkan keragu-raguan Anda untuk mengkonsumsinya. Namun, dalam mengkonsumsi daging kambing tetaplah harus bijak dalam arti tidak berlebihan, karena rasa panas yang berlebihan bisa menimbulkan pusing di kepala. Selamat berpesta daging kambing.

(sumber gambar : rabbitvillage.blogspot.com)

Tagged with:

Filed under: Artikel